KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI
DASAR
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester :
IX
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian yang
tampak mata.
|
3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi
bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya.
3.2 Menjelaskan persamaan kuadrat dan
karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya
3.3 Menjelaskan fungsi kuadrat dengan
menggunakan tabel, persamaan, dan
grafik
3.4 Menjelaskan hubungan antara koefisien dan
diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya
3.5 Menjelaskan transformasi geometri
(refleksi, translasi, rotasi, dan
dilatasi) yang dihubungkan dengan
masalah kontekstual
3.6 Menjelaskan dan menentukan
kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
3.7 Menurunkan rumus untuk menentukan
luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan
bola)
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung, menggambar, mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang
/ teori.
|
4.1
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat
dan bentuk akar
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan persamaan kuadrat
4.3 Menyajikan fungsi kuadrat menggunakan tabel, persamaan, dan grafik
4.4 Menyajikan dan menyelesaikan masalah
kontekstual dengan menggunakan sifat-sifat fungsi kuadrat
4.5 Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan
dilatasi)
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar
4.7
Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun
ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa
bangun ruang sisi lengkung.
|
Lebih baik dipisahkan semester 1 dan 2 nya. Terima kasih
BalasHapus