Rabu, 04 Juli 2018

KI dan KD Matematika Kelas 9 Kurikulum 2013

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas / Semester       : IX

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
3.1  Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya.

3.2  Menjelaskan persamaan kuadrat dan karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya

3.3  Menjelaskan fungsi kuadrat dengan menggunakan tabel, persamaan, dan  grafik

3.4  Menjelaskan hubungan antara koefisien dan diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya


3.5  Menjelaskan transformasi geometri (refleksi,  translasi, rotasi, dan dilatasi) yang dihubungkan dengan  masalah kontekstual

3.6  Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar

3.7  Menurunkan rumus untuk menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola)


4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung, menggambar, mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori.
4.1    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar

4.2    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat

4.3    Menyajikan fungsi kuadrat  menggunakan tabel, persamaan, dan grafik

4.4    Menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual dengan menggunakan sifat-sifat fungsi kuadrat

4.5    Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)

4.6    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar

4.7    Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung.


            

1 komentar: